nonton ustadz

Siang itu,terjadi percakapan antara ibu dan  teh Ema.

E : “bu, boleh gak besok Ema minta izin untuk ikut pengajian? ada rajaban bu, di mesjid bawah”

I : “ya boleh atuh….malah ibu seneng kamu ada kemajuan, izinnya ke pengajian, bukan nonton Shiren Sungkar lagi”       (teh Ema ini fans beratnya Shiren Sungkar. Setiap kali Shiren Sungkar ke Bandung, entah itu manggung atau jumpa fans, pasti dia bela-belain dateng….

E: “iya bu, soalnya penasaran pengen  banget liat ustadz XYZ aslinya gimana…kan selama ini nontonnya di TV doang”

I : “bentar…bentar…kamu teh mau dengerin ceramahnya atau mau nonton ustadznya?”

E: (nyengir)….”hehe…iya yah….sebenernya pengen liat ustadznya sih….”

I : “huuuu…dasar…coba nanti ibu cek sepulang dari sana…kamu inget engga isi ceramahnya si ustadz…”

Sorenya…..

E: “bu, bu….liat…tuh ustad XYZ teh…di ****” (menyebutkan salah satu channel TV)

I: (merasa aneh kok sore-sore ada acara dakwah) “mana??”

loh….kok acara infotainment…oh…itu toh ustad XYZ teh…

Tampak di layar kaca si ustadz tengah menunjukkan satu persatu isi koper yang akan dibawanya umroh. “ini baju ihrom, saya bawa dua. ini baju ………. ini cemilan…soalnya saya suka laperan kalau disana….” Dia akhir tayangan, si ustadz berkata; “pemirsa, terima kasih ya, telah mengikuti kegiatan saya sehari ini…bla..bla..bla..”

Yah, ini mungkin memang zaman visual ya….Objek-objek atau subjek-subjek yang secara visual menarik mata jauh lebih disukai. Lihat ustadz XYZ ini. Keren, pakaiannya selalu matching. Indah dipandang mata lah…Waktu ke Bogor beberapa bulan lalu, di depan mobil saya ada mobil alphard dengan nomor mobil “cantik” bertuliskan nama ustadz tersebut.

Cuman…saya agak khawatir…kalau di satu sisi, orang yang menghadiri majlis pengajiannya bukanlah berniat untuk mendengarkan hikmah dan tausyiah si ustadz, melainkan untuk “menonton” fisik dan penampilan serta gaya si ustadz semata. Semoga tak demikian…

Diam-diam, saya rindu seorang ustadz. Yang tak pernah masuk infotainment. Yang tak pernah pake pakaian yang keren. Yang tak pernah “atraktif” dalam menyampaikan ilmu-nya. Pak Quraish Shihab.

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Fonny
    Jun 21, 2012 @ 10:14:57

    biasanya pak Quraish Shihab slalu ada pas romadhon di RCTI : kultum menjelang buka puas, di metro : tafsir al misbah pas sahur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s