Serunya Tiga Be

Sudah tiga tahun Azka bersama teman-teman sekelasnya. Berhubung Azka seneng banget cerita mengenai pengalaman dan teman-teman sekelasnya, sampai-sampai ibu merasa bisa melihat sendiri perkembangan temen-temen sekelas Kaka.

Ibu sampai hafal ke-22 nama-nama temen sekelas Kaka. Yasmin, Atheya, Aufa, Nidhar, Echa, Caca, Nikita, Aisyah, Naira, Almas, Rahma, Si kembar Raihan-Zaidan, Ari, Tristan, Daffa, Akbar, Ghani, Bashir, Fadla, Rivaldy, Hanif… Gak hanya ibu, Mas Umar sampai de Hana juga sampai hafal….gara-gara seringnya nama-nama temen Kaka disebut setiaap Kaka cerita pulang sekolah.

Kadang-kadang ibu amazing dengan “dinamika kelas” yang terjadi…

Misalnya…suatu saat Kaka cerita akan membawa 5 buku KKPKnya ke sekolah. “Buat perpus bu….Kan anak akhwat sering pinjem-pinjeman buku KKPK…ya udah…kita punya ide, bikin perpus khusus anak akhwat 3B…tempatnya di karpet di belakang kursi-kursi kita bu,,,kita udah ngatur…siapa yang piket dan mencatat yang pinjem setiap harinya….”

Atau..

“Bu, kemaren pas waktu kunjungan ke pasar modern pas pelajaran IPS, kan kita ke Borma…anak-anak ikhwan iuran beli monopoli loh bu…Itu teh monopoli khusus punya mereka…Kalau pas hujan, mereka gak bisa futsal, naaah …mereka main itu di kelas pas istirahat…”

Ibu juga tau ada seorang teman Azka yang potensi kepemimpinannya keren banget …. Sebut saja namanya “Robert” 😉 . Waktu kelas 1, dia yang jadi Ketua Murid. Waktu kelas 2, yang jadi KMnya Yasmin. Suatu hari, setelah pekan ujian selesai dan anak-anak masih sekolah menunggu hari pembagian raport, Azka pulang membawa silverqueen. “Gini bu, kan tadi bu Rika-nya lagi ngisi raport, kita teh ga ada kerjaan. Mau main di luar, hujan…Nah..Robert berinisiatif bu…dia bikin lomba menggambar…Panitianya dia sendiri. Terus pas kita lagi ngegambar, dia ke kantin beli hadiahnya…Kaka juara 1, jadi dapet silverqueen”. “Yang menilainya siapa ka?”tanya ibu. “Robert…..gak ada yang protes bu, soalnya dia sebelumnya bilang…ga boleh ada yang protes ya…keputusan juri gak bisa diganggu gugat…katanya”…. Saya membayangkan, Robert ini selain punya “impact” buat teman-temannya, penuh inisiatif, dan kayaknya sangat berwibawa. Tak mudah bagi anak 8 tahun untuk bisa menjadi pemimpin informal yang ditaati teman-temannya.

Kekaguman ibu pada Robert bertambah ketika hari Sabtu lalu, saat pembagian raport, sudah menjadi tradisi di kelas Azka tukeran kado. Kadonya maksimal Rp 10.000,-Dibungkus kertas koran. Ketika proses pertukaran telah terjadi dan masing-masing anak sedang asyik membuka “kado”nya masing-masing, tanpa ada perintah dari siapapun, Robert mencari dan menemukan keresek besar, lalu ia pun berkeliling….”ayo sampah kertas korannya masukkan sini …sampah..sampah..sampah…”…Robert, ibu Azka proud of you….;)

Dan, tentu saja ibu mengikuti “kisah cinta” yang mulai bersemi di kelas 3 ini. Ibu tahu si ini naksir si itu, tapi si itunya suka sama si eta…;). Terkait Azka sendiri, katanya Azka disukai sama *****. Sebenernya ibu setuju sih..soalnya, ***** itu anak laki-laki yang paling ganteng, paling pinter, paling baik, dan paling jago futsal di kelas Azka. Tapi sayang…Azkanya lebih seneng sama ^^^;)…yah, cinta itu emang buta Ka…..hehe…..Darimana ibu tau Azka lebih suka sama ^^^? Ya iya lah…lha wong Azka tiap hariiiiiii…tiap pulang sekolah…atau ujug-ujug…pasti cerita soal ^^^. Tentang ^^^ yang merobek kertas ulangan karena nilainya jelek jadi biar ortunya gak tau lah…..dan cerita lain yang dimulai dengan kata “sebel deh…”…atau “amit-amit..”..haha… ternyata “selera” kita sama Ka….sama-sama suka sama yang bandel n jail hihi….Sssst….. ibu gak bilang kalau ibu tau kalau Azka suka sama ^^^. Nanti Azka gak terbuka lagi sama ibu….

Mmmh…semoga tahun depan semakin seru dan semakin indah hari-harimu ya Ka..bersama teman-teman yang keren-keren n asik-asik …;)

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. bukanbocahbiasa
    Oct 14, 2014 @ 18:27:59

    Mbak Fitri, saya kok ngerasa deket bgt yaa… ama cerita ini…Saya punya saudara, tinggal di BDG, kalo belanja bulanan di Borma. Nama saudara saya Rahman Setiawan (dosen ITB teknik mesin), istrinya mbak Tina (dokter, dosen FK di Unpad). Anaknya dua, cowok semua… Zinedin Abdurrahman (cowok, 11 tahun) dan Zahid (10 tahun). Anak2 ini sekolah di Lab School UPI.

    Jangan2 mbak Fitri ini temennya mbak Tina. Lalu Azka temennya Zinedin?
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s