little abah

Minggu kedua masuk SD.

Kalau baca-baca lagi note tentang bagaimana hari-hari dan minggu-minggu pertama Azka sekolah SD 4 tahun lalu, jauuuuuuh banget situasinya dengan hari-hari dan minggu-minggu pertama Umar menjalani kelas 1 SD nya.

Hari pertama aja udah beda banget. Kalau waktu nganter Azka ada perasaan cemas, Azka mau gak ya ditinggal, nangis gak ya….Waktu hari pertama nganter Umar mah…..sampai di gerbang…ibu udah kehilangan dia…dia udah ngabur, masuk ke kelasnya sendiri. Waktu dikumpulin dulu di lapangan….semua anak lain duduk, Umar mah dengan cueknya berdiri-berdiri. Lalu dengan cueknya dia teriak-teriak “Kaka!Kaka!” manggil-manggil kakaknya yang tampak malu punya adik kelakuannya cuek begono…(pasti dalam hati Azka berkata…”gak kenal..gak kenal…;)

Waktu Azka kelas satu dulu,dia rasanya sudah punya rasa “tanggungjawab” untuk nyiapin bukunya sendiri…mandi… Umar ? hhhmmmm…meski udah dibriefing sejak satu semester lalu, tetep aja nyiapin buku di detik2 mau berangkat sekolah. Belajar? huuuu…..harus berantem dulu….baru dia mau buka buku…sambil marah-marah itu juga;)

Dari jaman kelas satu sampai sekarang kelas empat, Azka si super detil…masih menyambut ibu begitu sampai rumah dengan segudang cerita tentang bu guru, teman-teman, pelajaran….Seperti beberapa hari ini, begitu ibu turun dari mobil, Azka langsung menyambut ibu ; “Bu, tau gak rangka manusia itu kegunaannya apa? kegunaannya ada lima bu…bla..bla..bla…terus, jenis tulang itu ada tulang pipih, tulang pipa, terus bu yah, ibu tau gak ini namanya tulang apa….ini namanya tulang apa…”…..atau… “Bu, tadi kaka belajar sifat komutatif, asosiatif sama distributif. coba bu…kalau 2×3=3×2 ibu tau gak itu namanya sifat apa?” ….. yups…ujian yang ibu hadapi dari Azka adalah, bagaimana dengan kondisi capek, de Azzam udah gak sabar nunggu pengen nenen, ibu tetap tersenyum menanggapi semangatnya Azka 🙂

Kalau Umar….dari hari pertama sampai kemarin, tiap pulang sekolah kalau ibu tanya…”mas, mas Umar belajar apa tadi di sekolah?”…..jawabnya adalah….”ah, ibu kenapa sih nanya ituuuuu aja…bosen mas Umar dengernya…”. Dan ibu tak pernah dapet jawaban, kecuali ibu buka bukunya…lalu tanya…”eh, ini tadi dibaca gak disekolah?….baru dia mau menanggapi sedikit2 ;(. Eh, tapi dia semangat juga sih cerita…cerita tentang beragam nama “crazy bird” yang ada di kantin sekolah, dragon warrior, dan macam-macam mainan yang ada di kantin;(

Ada juga deng…cerita tiga hari lalu. Dia bilang…”Mas Umal gak tellalu suka sekolah”. Waktu ibu tanya kenapa, dia cerita. “Ada teman Mas Umal, namanya *****, suka ngejek mas Umal. Katanya “ih, udah SD kamu belum bisa ngomong “r”, kasian deh lu…”. Waktu ibu tanya apa yang dia lakukan, dia jawab…” mas Umal tutup telinga aja. Soalnya mas Umal suka jadi pengen malah kalau mas Umal mendengal kata-kata itu….mas Umal juga udah bilang jangan ngomong itu lagi. Tapi dia malah telus ngejek mas Umal” jawabnya dengan kesal.

Ibu tanya lagi “mas Umar sedih engga? ” dia jawab “engga sih…”. Lalu ibu bilang….”ya, setiap orang itu kan punya kehebatan dan kekurangan masing-masing. Mas Umar memang belum bisa dan mungkin tidak akan bisa bilang “r”. Tapi gak apa-apa, mas Umar kan udah berusaha latihan…itu mungkin kekurangan mas Umar, mas Umar kan punya kelebihan juga….coba apa kelebihan mas Umar?” …..”main game” katanya …mmmmhhhhmmm…dasar…!!! “yang lainnya apa?” tanya ibu…..”mas Umar kan udah Qur’an ngajinya….temen-temen di TK kemaren belum ada yang Qur’an…..terus mas Umar kalau pentas selalu jadi pemeran utama”….itu Kakaknya yang jawab. “Oh iya yah..” kata Mas Umar berbinar-binar. Besoknya, ibu tanya lagi apa mas Umar masih diejek…dia jawab “masih, tapi mas Umal sekalang gak usah tutup telinga, udah gak mau malah dengel ejekan itu”. Besoknya lagi, dia memamerkan sebuah “crazy bird”. Ini dikasih *****, sekalang mah dia udah baik, gak ngejek lagi malah ngasih ini ke mas Umal”. Katanya. Alhmadulillah…hepi ending hehe…

Minggu lalu Kakaknya mengadu: “bu, tadi Kaka lewat di kelas mas Umar, yang lainnya lagi baca dan ngerjain, dia mah malah main perang-perangan pake pensil sama penghapusnya bu…”. waktu ibu konfirmasi, jawab mas Umar : “iya, itu kan baca bacaan yang semalem udah mas Umal baca sama ibu. Mas Umal juga udah ngeljain soalnya kan, disuluh ibu semalem….”… “iya, tapi sebaiknya kalau di sekolah suruh baca, ya baca lagi…”…”buat apa? mas Umal masih inget kok celitanya….aneh ibu mah…pelcuma dong mas Umal udah baca telus baca lagi…gak ada gunanya…”

Saking cueknya dia sama kegiatan akademik di sekolah, pagi ini ibu sempatkan ke sekolah Azka-Umar. Selain Azka pengen nunjukkin kelas barunya di lantai 3, misi utamanya adalah bertanya ke ibu guru Umar kegiatan belajar Umar di sekolah. “oh, aktif kok bu….malah Umar tuh paling rame dan paling berani ….” syukurlah….

Yah…memang tipenya dia begitu. Di TK pun sebenarnya gitu. Gak mau cerita apapun, kalau disuruh sholat dan ngaji, maleeees banget. Banyak nawarnya. Gak mau wudhu lah, Maunya 1 rokaat aja lah…segala macem tawar menawar. Sekarang dia rajin taraweh karena paling seneng teriak “amiiiiin” sekenceng2nya..;(. Tapi waktu di TK itu, tiba-tiba aja, dia diminta gurunya mewakili kelasnya lomba  hafalan sholat karena dia yang paling hafal. Lalu di perpisahan, dia ngaji Qur’an karena cuman dia yang udah lulus Iqra 6.

Tampaknya memang ibu harus terbiasa dengan stylenya Umar. Kalau style Kaka, ibu kenal dan nyaman benget. Cause it is my style !! Azka mah duplikat ibu banget lah… Kalau style Umar…tak lain tak bukan, stylenya si abah. Yang gak pernah mau belajar, gak bilang sama ibunya kalau dia dapet beasiswa bimbel….dan …mendengar cerita si abah  kalau  dulu jadi ketua kelas suka bikin huru-hara, sering dihukum ini-itu…tampaknya ibu juga harus siap-siap menerima kejutan-kejutan itu dari Umar 😉

Whatever…..I love you Mas Umal….;)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s