Frustrasi Tandanya Motivasi : Pelajaran dari Si Curuk Leutik

Hari Minggu, tgl 31 Maret lalu si bungsu Azzam Abdurrahman berulangtahun untuk yang pertama kalinya. Ulang tahun anak-anak yang pertama, selalu jadi momen “sakral” buat ibu. Selain rutinitas foto studio, mencermati capaian tahap perkembangan setiap anak di besaran “tahun” yang pertama selalu menarik. Apalagi dengan 4 anak.

De Azzam menempati urutan ke 2 dalam perolehan rambut haha… Maklum, anak-anak ibu irit-irit pertumbuhan rambutnya. Juara pertama Kaka Azka, ketiga mas Umar dan keempat…Kaka Hana… itu semua tercermin di foto mereka tepat di hari ultah yang pertama yang dipajang di ruang keluarga. Dalam motorik kasar, de Azzam masih bersaing untuk menempati urutan ke-3 sama mas Umar. Di hari ultahnya yang pertama, Kaka Hana yang udah jalan mulai dari 9 bulan udah lari-lari. Kaka Azka, udah jalan. MAs Umar jalan umur 13 bulan. De Azzam sekarang sudah mulai rambatan dan sudah sering “lupa pegangan” kalau lagi  berdiri. Kalau motorik halus, kayaknya de Azzam menempati posisi ke 2. Posisi pertama Kaka Hana yang di usianya 3,5 tahun sekarang udah bisa pegang pensil dengan benar dan bisa bikin lengkung-lengkung kecil. Makan, gosok gigi, pake kaos kaki juga udah ahli. Nah, De azzam, sekarang di usia setahun udah bisa menjumput, juga udah hobi masukin uang receh ke kencleng mesjid atau ke celengan. Juara terakhir untuk motorik halus adalah.. Mas Umar hehe… yang baru bisa pegang pensil dengan baik mepet pas masuk SD.

Salah satu keasyikan saat anak kita usia 1 tahun adalah mengamati “keahliannya”. Misalnya udah bisa dadah, udah bisa salim, udah bisa manggil “abah”, udah bisa ngupil, haha…

Dari ketiga kakaknya, ada satu kekhasan Azzam. Yaitu….sejak sebulan lalu, dia hobi banget nunjukkin 2 telunjuknya… sampai-sampai kita panggil dia “si curuk leutik”. Selain si curuk itu dia gunakan untuk tunjuk ini-itu (yang itu keliatannya lucuuu banget..sambil dia teriak-teriak ah…ah..ah….dengan nada memerintah hehe..), yang paling lucu adalah kalau dia udah gunakan si curuk leutik itu buat nge-swipe layar ipad si abah atau android ibu. Kayaknya dia asiiik gituh main game atau fesbukan haha…..

Meskipun ibu udah punya 3 anak, namun setiap perkembangan anak selalu menimbulkan penghayatan dan insight tertentu. Sebulan terakhir ini Azzam yang tadinya anteng menjadi sering ngamuk. Bagaimana tidak? motoriknya berkembang pesat. Dia udah bisa merangkak super cepat, bisa berdiri dan jalan rambatan, bisa muter ini-itu, bisa manjat ini-itu. Makanya…. muter puteran kompor, naik ke meja, kabur ke kolam, manjat kloset, nggelontorin air galon, nyabutin kabel adalah hobinya. Tapi…pastinya banyak diantara kegiatan itu yang membahayakan. Jadilah dia sering frustrasi karena dibatasi ruang geraknya (meskipun setiap menjelang jadwal mandi sore, dia dibebaskan untuk masuk kolam;)…

Frustrasi, itu ekspresi yang mewarnai hari-hari de Azzam sekarang. Meskipun, asiknya adalah….dia masih mudah dialihkan pada kegiatan lain. Tapi ekspresi baru itu menginsight satu hal pada ibu…bahwa si reaksi frustrasi itu, muncul kalau ada keinginan kuat… atau bahasa kerennya adalah motivasi.

Jadi….kalau kita gak pernah frustrasi, artinya adalah……kita gak pernah punya motivasi ke arah sesuatu !!!

Terima kasih ya curuk leutik, untuk pelajarannya…..

luv yu….

 

 

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. Fani Finalisya
    Apr 02, 2013 @ 10:55:46

    terima kasih share inspirasinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s