16. Mushafahah 7 Dzulhijah

Hari-hari  kemarin saya terkapar. Batuk, pilek, demam. Setelah berkeras mengkonsumsi obat yang biasa saya gunakan, akhirnya saya menyerah juga dan ke dokter untuk ber-antibiotik ria. Di Bandung, Hana juga sakit dan harus beberapa kali ke dokter;( Alhamdulillahnya, teparnya saya bersamaan dengan tidak beroperasinya lagi bis ke Majidil Harom, jadi saya bisa full memulihkan diri.

Hari ini, jam 9 tadi kami berkumpul untuk mendapatkan pembekalan persiapan perjalanan puncak haji kami. Meskipun badan masih sembriwing-sembriwing, namun saya benar-benar berdoa mohon kesembuhan dan kekuatan agar bisa ikut tim yang jalan kaki. Memang tidak kurang nilainya kalau pake bis langsung ke arofah. Namun bayangan tentang jalan kaki menuju Arafah bersama seluruh manusia dari beragam ras, sambil bertalbiyah…begitu menggoda. Saya lihat dari yutub aja udah merinding…jadi pengen bgt mengalaminya.

Pembekalan tadi pagi…serasa pembekalan menuju medan perang. Bicara tentang persiapan fisik, mental, strategi …. Dan, yang paling berkesan adalah di akhirnya. Pembimbing kami mengarahkan kami untuk bermaaf-maafan… Jangan sampai membawa kekesalan ke Arafah.Memang kami berlima yang sekamar kebetulan tim yang asik. Tapi rupanya ada beberapa teman  di kamar lain yang ber-konflik.

Suasana begitu mengharu biru saat kami saling berpelukan. Daaan…di akhirnya, yang paling menyentuh adalah para pasangan yang saling berpelukan saling bermaafan. Tentu saja demikian pun saya…maklum saya sering lebay dan suka ngambekan sama mas 😉 … Ah, rasanya lebih dari bermaafan saat lebaran.

Semoga besok kami diberikan kesehatan, kekuatan, kesabaran, keikhlasan sehingga bisa menjalankan ritual maupun menghayati makna perjalanan haji kami. Amiiin…

bada dhuhur, 7 Dzulhijah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s