GA 37 Buku BEB: (2) KETIKA ANAK KITA MENGALAMI KEGAGALAN (Antara Ibu Azka-Azka dan Ibu-saya)

Bagi saya bagian yang paling berkesan dari buku “Bukan Emak Biasa” adalah yang berjudul “Ketika Anak Kita Mengalami Kegagalan”. Menyelesaikan bagian ini membuat air mata saya berlinangan. Saya ingat Ibu. Saya belajar menelisik ‘perasaan’ Ibu. Saya anggap Ibu saya merasakan hal yang persis sama dengan perasaan ibu Azka.

Kalimat pembukaan pada kisah ini sudah mengingatkan saya pada Ibu saya. Suatu waktu Ibu pernah mengatakan pada saya “Perasaan Ibu itu 100% untuk masing-masing anak Ibu. Bukan satu perasaan yang Ibu bagi rata untuk masing-masing kalian. Sama sekali bukan. Setiap kalian mendapatkan utuh, 100%”

Seperti hubungan Ibu dan Azka yang menurut ibunya mereka mempunyai chemistry yang kuat, begitu juga halnya dengan saya dan Ibu. Sebagai anak perempuan satu-satunya, saya merasa saya juga mempunyai chemistry yang kuat dengan Ibu. Karena itulah saya menganggap perasaaan yang dirasakan Ibu Azka terhadap Azka sama seperti perasaan yang dirasakan Ibu saya terhadap saya.

Dulu setiap kali saya merasa gagal, saya tidak pernah bisa menerima empati dan hiburan atau apapun yang dilakukan Ibu kepada saya. Saya menganggap bahwa beliau tidak benar-benar mengerti apa yang saya rasakan. Beliau hanya mencoba menghibur dan menenangkan saya karena beliau tidak mengerti sedihnya saya menghadapi kegagalan itu. Saya tidak seperti Azka yang mencoba optimis menghibur Ibunya. Saya lebih ‘drama’. Jadilah setiap saya mengalami kegagalan, ibu saya selalu kalang kabut. Berusaha membuat saya nyaman.

Saya sama sekali lupa bahwa ketika saya gagal, ternyata Ibu saya turut hancur hati. Turut bersedih. Mungkin selama ini saya tidak berhasil memahami ini karena saya belum pernah merasakan menjadi Ibu. Akhirnya, saya menjadi tahu perasaan Ibu saya waktu itu melalui kisah Ibu Azka.

Oleh: Miftahul Hayati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s